Senin, 10 Mei 2010

Metode Ilmiah

Metode Ilmiah
Metode Ilmiah (Scientific Methods) adalah metode / cara yang biasanya diikuti oleh ilmuwan dalam memecahkan suatu masalah (problem solving). Metode ilmiah merupakan gabungan antara pendekatan rasional dan pendekatan empiris. Pendekatan rasional memberikan kerangka pemikiran yang koheren dan logis, sedangkan pendekatan empiris memastikan kebenarannya dan memberikan kerangka pengujinya. Langkah-langkah dalam menerapkan metode ini harus ditempuh melalui urutan yang teratur, tetapi tidak harus sama seperti uraian berikut ini. Garis besar langkah-langkah dalam metode ilmiah :
a. Perumusan masalah
Masalah yang dimaksud disini adalah pernyataan apa, mengapa, atau bagaimana tentang objek yang diteliti. Masalah tersebut harus jelas batasbatasnya serta dikenal faktor-faktor yang mempengaruhinya.

b. Penyusunan hipotesis
Hipotesis adalah suatu pernyataan yang menunjukkan kemungkinan jawaban untuk memecahkan masalah yang telah ditetapkan. Ada 2 pendekatan untuk memperoleh hipotesis, yaitu pendekatan induksi, diawali dengan pengumpulan data yang didapat dari observasi. Pendekatan ini berlangsung dari sejumlah fakta-fakta ke generalisasi yang luas. Kedua pendekatan deduksi yang dimulai dengan generalisasi dan menggunakannya terhadap situasi baru dan sejumlah fakta-fakta baru.
c. Pengujian hipotesis
Pengujian hipotesis merupakan berbagai usaha pengumpulan fakta-fakta yang relevan dengan hipotsis yang telah diajukan untuk memperlihatkan apakah terhadap fakta-fakta yang mendukung atau tidak. Fakta-fakta ini dapat diperoleh melalui pengamatan langsung atau dapat juga melalui eksperimen.
d. Penarikan kesimpulan
Penarikan kesimpulan ini didasarkan atas penilaian melalui analisis dari fakta (data) untuk melihat apakah hipotesis yang digunakan itu diterima atau ditolak.

0 komentar:

Posting Komentar