Senin, 21 Desember 2009

NEGARA, BANGSA, DAN BELA NEGARA

Pengertian Negara
Negara adalah suatu oranisasi diantara sekelompok atau beberapa kelompok manusia, yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu, dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan kelompok atau beberapa kelompok manusia tadi. Negara juga bisa didefinisikan sebagai sebuah organisasi yang memiliki wilayah , rakyat, pemerintahan yang bedaulat serta mempunyai hak istimewa, hak memaksa, hak monopoli, dan hak mencakup semua yang bertujuan untuk menjamin perlindungan, keamanan, keadilan, serta tercapainya tujuan bersama.

Negara merupakan suatu organisasi yang dalam wilayah tertentu dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan – tujuan dari kehidupan bersama. Negara juga berwenang menetapkan cara – cara dan batas – batas sampai dimanakah kekuasaan itu dapat digunakan oleh individiu, kelompok maupun negara itu sendiri. Dengan demikian Negara dapat membimbing berbagai macam kegiatan warga negaranya kea rah tujuan bersama yang telah ditetapkannya.

Pengertian Bangsa
Sejarah timbulnya bangsa –bangsa didunia berawal dari benua eropa. Pada akhir abad XIX, dibenua eropa timbul berbagai gerakan kebangsaan. Gerakan tersebut mengakibatkan kerajaan – kerajaan besar di eropa seperti, kerajaan Austria-hongaria, turki dan perancis, terpecah menjadi Negara – negara kecil. Banyaknya gerakan kebangsaan dieropa saat itu dan keberhasilan mereka menjadi bangsa yang merdeka, mempunyai pengaruh yang besar pada kehidupan eropa maupun wilayah lain didunia.

Pengertian bangsa yaitu adanya elemen pokok yang berupa jiwa, kehendak, perasaan, pikiran , semangat, yang bersama-sama membentuk kesatuan, kebulatan dan persatuan serta semua itu yang dimaksud adalah aspek kerohaniannya. Bangsa bukanlah kenyataan yang bersifat lahiriah saja melainkan lebih bercorak kerohanian. Yang adanya hanya dapat disimpulkan berdasarkan pernyataan senasib, sepenanggungan dan kemauan membentuk kolektivitas.

Pengertian Bela Negara
Pengertian bela negara tidak semestinya dipahami sebagai upaya " memanggul senjata " atau hal yang berbau "militerisme" , akan tetapi bela negara mengandung norma moral dan norma sosial , yang intinya membentuk sikap mental segenap warga yang siap menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara. Dengan demikian bela negara merupakan kegiatan warga negara di semua bidang kehidupan sesuai bidang profesinya masing-masing dalam membangun masyarakat , bangsa dan negara.

Sedangkan perwujudan dan implementasi dalam bidang IT yaitu memajukan teknologi yang bersifat membangun dan mendidik masyarakat seperti pemanfaatan internet dalam kehidupan sehari – hari tanpa mengurangi tingkat keamanan dan pengaruh buruk dari internet seperti pornografi, dan berbagai penipuan.

0 komentar:

Posting Komentar